info@rarr.sch.id
0732 22124

SEJARAH

Latar belakang RA Rabbi Radhiyya :

“ Berdirinya RA Rabbi radhiyya, dimulai dari berkumpulnya beberapa pengurus yayasan Al- Ishlah yang mayoritas  pendiri yayasan tersebut adalah para guru- guru STM (SMKN 1 Rejang Lebong), diantaranya Drs. Abdul Kadir, Drs Elan Nuryaman (Alm), Drs. Saheruddin, Drs. Dalmuji Suranto, Drs. Faisal (Alm), Drs. Sulardi, Santoso, SH. M. Si, Edi Pancawarman, dan Yulius Eminansi. Berangkat dari keperihatinan melihat kondisi saat itu, siswa atu murid murid STM yang umumnya beragama Islam, sangant sedikit sekali yang mampu membaca Al –Qur’an ,hal inilah yang melatar belakangi para pengurus yayasan tergerak untuk membuka pendidikan non formal yakni TK Al Qur’an dengan harapan anak- anak generasi muda agar dapat  membaca Al- Qur’an , dan penanaman Akhlaqul karimah sejak dinji, dengan tujuan yang utama dalah membumikan Al- Qur’an  khususnya di tanah Rejang Lebong ini. Sebelum TK Al- Qur’an ini berdiri, pada tahun 1990 dilaksanakan studi banding ke bandung. Pada periode pertama, saat itu yang mewakili keberangkatan studi banding ke Bandung yakni Bapak Edi Pancawarman dan Bapak Yulius Eminansi, berikutnya pada periode ke 2 pada tahun 1991, yang berangkat mewakili dari pihak yayasan adalah Bpk. Drs. Saheruddin. Dengan berbekal  dari hasil studi banding tersebutlah  pada tahun 1992 dibuka  TK/ RA Al- Qur’an Rabbi Radhiyya

 

Sejarah RA Rabbi Radhiyya

“ Nama Rabbi Radhiyya memiliki makna generasi yang di ridhoi Allah, dengan harapan semoga semua yang tergabung dalam keluarga besar RA Rabbi Radhiyya selalu mendapat Ridho dari Allah SWT, RA Rabbi Radhiyya pertama berdiri bernama TK Al Qur’an Rabbi Radhiyya, berdiri sejak bulan februari 1992 dibawah naungan yayasa Al Ishlah, yang awalnya diresmikan oleh Diknas , dan pada tahun 1996 RA Rabbi Radhiyya memiliki surat keputusan atau pendirian yang disahkan oleh kantor departemen Agama dengan nomor : Mg-4/5/ PP.00.4/ 2329/ 1996, kemudian pada tahun 2006 berubah status menjadi Raudhatul Athfal (RA) Rabbi Radhiyya. Dan pada tahun 2008 RA Rabbi RAdhiyya telah terakreditasi dengan perolehan nilai B.

Kurikulum yang dipakai di RA Rabbi Radhiyya kolaborasi antara kurikulum kemenag, dinas dan Program  materi khusus dari yayasan Al Ishlah Sistem pembelajaran yang dijalankan di RA Rabbi Radhiyya dari awal berdiri pada tahun 1992 sampai 2008 adalah menggunakan system area. Dari tahun 2008 sampai sekarang menggunakan sistem sentra dengan jumlah 8 (delapan) sentra, adapun tiap tiap sentra  sebagai berikut :Sentra Al jabbar, sentra eksplorasi, sentra rancang bangun, sentra imajinasi, sentra seni dan kreasi, sentra bahasa, sentra ibadah dan sentra Imtaq, alhamdulilah animo masyarakat  terhadap RA Rabbi Radhiyya sangat tinggi,  dengen jumlah santri pada awal pendirian tahun 1992 (santri pertama) berjumlah 28 santri, pada tahun kedua bertambah jumlahnya menjadi 76 santri, dan di ikuti pada tahun tahun berikutnya hingga total jumlah santri pada tahun 2020 ini berjumlah 401 santri.

 

Sejak berdirinya RA rabbi Radhiyya ini telah dipimpin oleh 4 orang kepala sekolah, Yaitu:

  1. Drs. Edi Pancawarman                (1992 - 1998)
  2. Ainur Rozik, S. Pd                      (1998 - 2004)
  3. Drs. SAheruddin                         ( 2004 – 2019)
  4. Mohammad Sujud, S. Pd. I         (2019 sampai sekarang)
#